Selasa, 27 September 2016

IKATAN ION

Ikatan ion (atau ikatan elektrokovalen) adalah jenis ikatan kimia yang dapat terbentuk antara ion-ion logam dengan non-logam (atau ion poliatomik seperti amonium) melalui gaya tarik-menarik elektrostatik. Dengan kata lain, ikatan ion terbentuk dari gaya tarik-menarik antara dua ion yang berbeda muatan.
Misalnya pada garam meja (natrium klorida). Ketika natrium (Na) dan klor (Cl) bergabung, atom-atom natrium kehilangan elektron, membentuk kation (Na+), sedangkan atom-atom klor menerima elektron untuk membentuk anion (Cl-). Ion-ion ini kemudian saling tarik-menarik dalam rasio 1:1 untuk membentuk natrium klorida.
Na + Cl → Na+ + Cl- → NaCl

ikatan ion NaCl 

10 komentar:

  1. Saya ingin bertanya, apakah semakin kuat gaya tarik-menarik elektrostatik maka semakin kuat ikatan ion?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya,tentu hal ini dikarenakan adanya sebab akibat dari gaya tarik-menarik elektrostatik terhadap ikatan ion itu sendiri.

      Hapus
  2. setau saya ikatan ion memiliki titid didih yang tinggi, lalu bagaimana jika ada 2 senyawa yang sama sama ikatan ion, bagaimana cara menentukan titik didihnya yang mana yang lebih tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika ada 2 senyawa yang sama sama ikatan ion maka semakin tinggi pula titk didihnya dari 1 senyawa ikatan ion,senyawa ionik diperlukan energi yang lebih tinggi untuk mengalahkan gaya tersebut. Akibatnya senyawa ionik memiliki titik leleh dan titik didih yang lebih tinggi dibanding senyawa senyawa kovalen.
      cara menentukanya dengan :1.Mr (massa molekul relatif)
      Mr semakin besar, titik didih semakin tinggi.
      2.Panjang rantai
      Rantai semakin panjang, titik didih semakin tinggi

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ion poliatomik adalah suatu ion yang terdiri dari satu molekul dengan atom-atom berikatan kovalen atau dari suatu kompleks logam yang dapat dianggap bertindak sebagai suatu unit tunggal dalam konteks kimia asam basa atau dalam pembentukan garam.

      Hapus
  4. Apa maksudnya ion poliatomik berikatan kovalen?

    BalasHapus
  5. maksudnya ion yang terdiri dari satu molekul dengan atom-atom berikatan kovalen atau dari suatu kompleks logam yang dapat dianggap bertindak sebagai suatu unit tunggal dalam konteks kimia asam basa atau dalam pembentukan garam. Dalam karya-karya yang lebih tua, suatu ion poliatomik dikenal sebagai suatu “radikal”, walaupun dalam penggunaannya sekarang istilah radikal merujuk pada radikal bebas yang merupakan jenis tak bermuatan dengan suatu elektron tak berpasangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa fungsi radikal tersebut dalam ion poliatomik?

      Hapus
    2. maaf sebelumnya,pertanyaan anda mungkin salah, maksud pernyataan ini"suatu ion poliatomik dikenal sebagai suatu "radikal", maksud saya adalah ion poliatomik itu dikenal juga dg istilah "Radikal".

      Hapus